Senin, 15 Juni 2020

Tutorial YouTube Studio 1: Bagaimana Cara Editor YouTube Personal Menyetujui (Approve) Kiriman Subtitle Dari Komunitas

Ada dua jenis channel YouTube, Personal dan Business (Brand). Kedua memiliki fitur role seperti manajer, editor. Fitur ini ada batasan untuk YouTube Personal, terutama untuk editor YouTube Personal.

Editor Subtitle YouTube Classic


Editor YouTube personal tidak bisa menyetujui kiriman subtitle dari komunitas karena fitur ini dikunci pada YouTube Studio. Baru-baru ini penulis mengetahui trik untuk menyetujui kiriman subtitle dari komunitas.

Ini berawal dari seorang anggota komunitas (subtitle) mengirim subtitle bahasa Arab dan memberikan link url subtitle YouTube, link itu mengarah ke YouTube Classic bukan YouTube Studio dan karenanya penulis bisa menyetujui kiriman subtitlenya.

Kemudian penulis mencoba melakukan riset dengan mencoba mengirim subtitle bahasa Rusia dengan akun yang digunakan untuk mengurus channel YouTube itu. Hasilnya? Gagal karena diarahkan login ke YouTube Studio.

Cara Menyetujui Subtitle YouTube Komunitas

Agar berhasil menyetujui kiriman subtitle, pertama kita harus mengetahui dahulu video mana saja yang mendapatkan kiriman subtitle dari komunitas. Cek tab subtitle pada YouTube Studio.

Tab subtitle YouTube Studio



Selanjutnya buka video yang akan disetujui subtitlenya dan kita juga harus mengetahui bahasa yang akan disetujui. Misalnya akan menyetujui subtitle bahasa Arab.

YouTube Add Translation



Buka video dengan akun Google lain dan pilih add translation. Tampilan akan mengarah ke YouTube Classic. Pilih Switch Language (bahasa asli video) ke bahasa Arab (bahasa lain).

Subtitle looks good



Sekarang copy url dari YouTube Classic.

Url subtitle YouTube Classic


Lalu buka/paste url dari subtitle YouTube Classic dengan akun Google yang kita pakai untuk mengurus channel YouTube.

Klik edit subtitle dan publikasikan


Selanjutnya tinggal melihat apakah subtitlenya keluar?

Subtitle YouTube



Semoga membantu karena sebelumnya penulis sempat mengalami kesulitan untuk menyetujui kiriman subtitle dari komunitas karena peran di channel YouTube tidak memungkinkan hal ini.