Minggu, 31 Mei 2020

Tutorial Subtitle 10: Alat Bantu Menerjemahkan Subtitle

Tutorial di bawah ini merupakan alat-alat yang dapat dipakai untuk menerjemahkan. Tidak hanya menerjemahkan subtitle namun juga untuk menerjemahkan secara umum.

Google Translate

Alat bantu utama adalah Google Translate. Mesin terjemah Google ini didukung oleh teknologi AI Google yang diperbarui secara berkala dan komunitas Google Translate. Tidak heran dari waktu ke waktu terjemah Google Translate semakin baik.

Namun demikian jangan mengambil terjemahan Google begitu saja. Karena hasil terjemahannya masih 50:50, artinya kadang kita dapati hasil terjemahan Google sangat bagus dan kadang juga sangat buruk.

Flitto

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui Flitto, ini web terjemah mirip Google Translate namun hasil terjemah otomatisnya menggunakan teknologi AI real-time yang memakai database komunitas Flitto. Di Flitto kita bisa memanfaatkan jasa sukarelawan untuk menerjemahkan namun akan butuh waktu (terjemahan crowdsourcing). Selain itu ada juga fitur terjemah memanfaatkan penerjemah profesional namun harus membayar.

Bagi Anda yang tidak mau ribet dapat langsung memanfaatkan fitur terjemah memanfaatkan teknologi AI Real-Time, di https://id.flitto.com/crowd.

Hasil terjemahan AI Flitto terkadang lebih bagus dari Google Translate, dan terkadang hasil terjemahan AI Flitto juga tidak bagus. Kita tetap harus memperlakukan Flitto sama dengan Google Translate, yakni 50:50.

Grammarly

Instal add-on Grammarly pada browser agar tidak harus selalu membuka web Grammarly. Di sini tujuan Grammarly adalah memanfaatkan fitur sinonim dan saran perbaikan grammarnya untuk bahasa Inggris. Ini akan sangat membantu ketika hendak mencari terjemahan yang pas, setelah kita sudah mencoba menerjemahkan melalui Google Translate/Flitto namun tidak puas dengan hasilnya, maka kita perlu melakukan riset lebih jauh untuk menemukan terjemahan yang pas.

Sinonim Kata

Untuk menghindari pengulangan kata terus-menerus (repetitif), manfaatkan Sinonim Kata untuk menemukan kata alternatifnya. Web Sinonim Kata ada banyak, yang termudah cukup dengan googling dengan keyword "sinonim (kata yang dicari)".

KBBI

Manfaat KBBI adalah untuk mencari tahu bentuk kata sesuai kaidah KBBI-nya. Web KBBI  https://kbbi.web.id/ mungkin kurang diperbarui karena masih menggunakan KBBI Daring Edisi III. Versi terbaru KBBI dapat mencoba web https://kbbi.kemdikbud.go.id/ yang sudah memakai KBBI edisi V.

Atau kita bisa mencari bahasa baku yang sudah diperbarui di sosial media Ivan Lanin. Caranya dengan googling keyword kata yang dicari ditambah dengan keyword Ivan Lanin.

Ilmu & Pengalaman Kita

Terakhir sebelum memutuskan memakai terjemahan hasil riset melalui alat-alat di atas, gunakan ilmu dan pengalaman kita. Karena mesin hanya bisa membuat terjemah berdasarkan algoritma, sedangkan manusia memiliki kemampuan memahami konteks kata, kalimat, dan isi kontennya secara umum.