Minggu, 28 Juli 2019

Tips CPS 42 Subtitle Bahasa Inggris & Indonesia

CPS 42 merupakan maksimal CPS yang kami terapkan di subtitle bahasa Inggris. Dan kami memiliki prinsip jumlah baris subtitle bahasa Inggris harus sama dengan subtitle bahasa Indonesia. Jadi bila subtitle Inggris ada 400 baris, subtitle bahasa Indonesia juga harus memiliki 400 baris. Subtitle per barisnya juga harus sama. Jadi misalnya baris ke-5, "What are you doing?" Maka baris ke-5 bahasa Indonesia adalah "Apa yang sedang kamu lakukan?"


Sudah paham? Masalahnya terkadang subtitle terjemahan bahasa Indonesia lebih panjang jumlah CPS nya, bisa lebih dari 42. Solusinya:

Pertama

Pertama kami akan membuat singkat terjemahannya. Contohnya saat kami menerjemahkan subtitle Indonesia dari ustad Nouman Ali Khan, ustad memiliki ciri khas dalam berbicara sehingga kami menerapkan cara ini:

1. And di kalimat awal, ustad suka mengawali kata dengan ini. And seperti ini tidak usah diterjemahkan, mungkin sekali-kali boleh, tapi umumnya kami tidak menerjemahkannnya.

2. But di awal kalimat, bisa diterjemahkan bisa tidak, terkadang ustad punya kebiasaan memulai kalimat dengan kata But walau kata ini tidak perlu diucapkan sama sekali. Jadi lihat konteks kalimat secara keseluruhan dulu apakah perlu menerjemahkan But atau tidak.

3. And, yang di dalam kalimat, ustad suka sekali bilang and bla bla bla, and bla bla bla, and bla bla bla. Di subtitle tidak perlu dterjemahkan And seperti ini, cukup memakai satu And saja, diterapkan di awal atau di akhir

Contoh:

and bla bla bla, bla bla bla, bla bla bla.

bla bla bla, bla bla bla, and bla bla bla.
4. Prinsip kami adalah meringkas terjemahan subtitle bahasa Indonesia tanpa menghilangkan maknanya.

Kedua

Jumlah maksimal karakter subtitle


Bila cara di atas CPS masih melebihi 42. Maka kami akan menambahkan kode \N (tekan shift + Enter pada Aegisub).

EDIT:

Contoh gambar artikel ini telah diperbarui untuk memperjelas apa yang dimaksud CPS 42.

CPS 42 adalah Number of characters in the longest line of this subtitle (Jumlah karakter di baris terpanjang dari subtitle).